Unsyiah Gelar The Arts Open Days 2020

Unsyiah Gelar The Arts Open Days 2020

Admin KAFT
Jan 05, 2020
0 Komentar

Memasuki dekade ketiga abad 21 tahun awal 2020 ini, tiga institusi yang berkiprah dalam bidang pelestarian dan pengembangan keilmuan seni, keterampilan, teknologi dan pengetahuan kebudayaan di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh menggelar perhelatan terbuka bertajuk The Arts Open Days dalam misi “Apresiasi Seni Terbuka, Khas, Gembira dan Cerdas".

Kegiatan digelar selama lima hari, mulai Sabtu hingga Rabu, 4-8 Januari 2020 di Komplek Gedung Jurusan Pendidikan Seni Unsyiah yang dijuluki Kampus Kreatif Inong Balee, Creative Hub-nya Kota Pelajar Mahasiswa (Kopelma) Darussalam, Banda Aceh.

"Ada tiga institusi penyelenggara perdana even “The Arts Open Days 2020” yakni: Jurusan Pendidikan Seni, eks. Sendratasik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Kampus Seni), Pusat Riset dan Pengembangan Seni (Pusat Seni) serta Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni (HIMA Seni) Universitas Syiah Kuala," kata Fauzan Santa seperti diberitakan Habadaily.com, Rabu 1 Januari 2020 di Banda Aceh.

Kata Fauzan, Kegiatan ini, bekerja sama dengan Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik, Pusat Riset Ilmu Sosial dan Budaya (PRISB) Universitas Syiah Kuala serta sejumlah pakar pendidikan, seni dan kebudayaan, mahasiswa/i, siswa/i dan pelajar di Banda Aceh sekitar.

"Menariknya 5 hari kegiatan TheArts Opendays ini, terbuka kegiatan pameran seni rupa – gambar, desain dan instalasi oleh mahasiswa/i Jurusan Pendidikan Seni dan Program Studi Arsitektur Unsyiah, bertajuk “Seuramoe Rupa” yang nantinya akan didampingi oleh karya-karya rupa pilihan dari para perupa profesional, baik yang berprofesi sebagai dosen, guru, dan spesialis seni rupa atau kesenian lainnya," Akunya.

The Arts Open Days 2020 adalah semesta seni yang khas, gembira dan cerdas. Perhelatan ini merepresentasikan lingkungan institusi yang berdaya saing  setara dengan institusi pembelajaran seni lainnya di Indonesia, bahkan dunia, yang selanjutnya dapat menjadi pilihan siswa, calon pembelajar seni yang antusias, untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi seni, termasuk di Universitas Syiah Kuala.

Hal yang sama diakui, Fani Faradina selaku Ketua HIMA Seni, berkomitmen untuk terus mempertahankan semangat penyelenggaraan kegiatan The Arts OpenDays tahun 2020 ini dalam kerja kemahasiswaan tahun-tahun berikutnya. Ia berharap masyarakat dapat mengapresiasi melalui keluangan waktunya berwisata ke kampus seni Universitas Syiah Kuala. 



0 Komentar